Menjerat Gus Dur

Menjerat Gus Dur : Fakta Politik Muncul dari Tong Sampah

By

Buku Menjerat Gus Dur karya Virdika Rizky Utama laku di pasaran. Cetakan pertama yang hanya 500 eksemplar ludes di pasaran dalam waktu satu hari saja.

Virdika bisa dibilang hoki pasalnya ia menuturkan bahwa ide penulisan itu ia mulai ketika menemukan berkas di dekat tong sampah kantor DPP Golkar pada tahun 2017. Sebagai wartawan Gatra saat itu, ia harus meliput tentang Golkar. Namun ternyata tumpukan kertas yang hendak dibuang itu menarik perhatiannya.

Judul dokumen itu adalah “Lampiran : Dokumen Fuad Bawazier dan Dokumen Perencanaan Priyo Budi Santoso Surat Akbar Tanjung ke MA dan Balasannya”. Isi dokumen tersebut adalah bagaimana Fuad Bawazier melihat perkembangan Indonesia dan melihat kemungkinan melengserkan Gus Dur.

Dalam dokumen tersebut, skenario Bulog Gate dan Brunei Gate pun terkuak. Ada keterlibatan sejumlah kelompok kepentingan terutama yang disebut Virdika sebagai HMI Connection untuk menjatuhkan Presiden ke empat tersebut.

Seperti yang ia ceritakan melalui sebuah forum di channel 164 Channel, Virdika pun kemudian meminta izin kepada petugas kebersihan untuk mengambilnya. Petugas mempersilakan dan mengatakan, “Ambil aja mas, itu juga mau dikiloin.”

Sejak 2017 tersebut, Virdika coba melakukan konfirmasi dengan beberapa pihak. Ia mewawancarai Amien Rais, Akbar Tanjung bahkan Greg Barton. Sayangnya Fuad Bawazier menolak diwawancarai.

Seringkali kita terlalu kabur melihat permasalahan yang rumit terutama permasalahan politik. Bahkan tidak segan-segan kita mengecam, menghina, melaknat atau memberikan stigma buruk kepada seseorang. Padahal kebenaran tersebut masih bias dan sangat tidak jelas.

Siapa sangka bahwa lulusan Universitas Negeri Yogyakarta tersebut menemukan itu di Tong Sampah? Apa jadinya juga jika Virdika tidak menemukannya?

Politik yang sarat kepentingan memang sering kali sulit dipercaya. Bahkan informasinya sering kali kabur, namun pengikutnya tetap banyak. Bahkan tak jarang kita berlebihan membela, menyebarkan dan lain-lain hanya karena masalah suka dan tidak suka.

Seperti halnya peristiwa menjerat gus dur, sobat obrol pernah gak menemukan fakta dari sumber yang gak disangka-sangka?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

17 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like