Vagabond Episode 16 : BIN dan Kepentingan Politik yang Belum Selesai

By

Episode terakhir Vagabond memang plot twist di akhir. Go Hae Ri (Bae Suzy) harus mempercayai kematian Cha Dal Geon (Lee Seung Gi). Kalung peluru dari Haeri milik Dal Goen tertinggal di tempat kejadian ledakan hebat gudang kosong. Dua mayat terindentifikasi sebagai Kim Woo Gi dan konon adalah Dal Goen.

Tapi ternyata Dal Goen diselamatkan oleh Lily dan rekannya. Lily juga akhirnya mengetahui bahwa Samael adalah Edward Park dan kekasih Michael Maeda adalah Micky, sekretaris Edward Park. Hal itu langsung ia laporkan kepada Jessica di penjara sebelum ia beranjak ke Amerika.

Dal Goen memutuskan untuk menyembunyikan keberadaannya agar dendamnya tersampaikan. Jika tidak, Edward akan terus mengejarkan. Ia kemudian berencana pergi ke Amerika melalui bantuan Lily dengan membayar sejumlah uang. Uang tersebut Dal Goen dapatkan dari Presiden Jung.

Hae Ri yang mengetahui bahwa Dal Goen sudah tiada memutuskan untuk membuka kasus ini sendiri. Jessica meminta bantuan perlindungan di penjara. Atas bantuan senior Gi, Hae Ri berhasil jadi narapidana untuk melindungi Jessica.

Waktu berjalan, Jessica bebas. Begitupun Hae Ri. Jessica menawarkan Hae Ri untuk bergabung di timnya dan menuju Maroko. Sampai di Maroko, Hae Ri menjadi sasaran sang penembak jitu yang dibayar, Cha Dal Goen. Dal Goen tak bisa berkata ketika ia mengetahui bahwa sasarannya adalah orang yang ia rindukan.

Kemasan Apik Pelajaran Politik

Berakhirnya Vagabond memang menyisakan banyak pertanyaan. Bagaimana akhir kelompok Kepala Kang Joo Chul di NIS? Apakah Presiden Jung terbukti tidak bersalah? Namun nampaknya jawaban tersebut masih baru terjawab hingga season 2. Salah satu aktornya, Moon Jeong Hee melalui instagram pribadinya mengatakan “Sampai Jumpa di Vagabond Season 2”.

Entah seperti apa season 2 drama ini. Namun tentu drama korea yang selalu penuh totalitas tidak akan bilang pamit dan 3 hari kemudian muncul lagi. Ada proses panjang shooting, editing hingga premiere.

Pada tulisan sebelumnya, ruangobrol telah membahas tentang literasi dari drama korea melalui Vagabond. (Baca : Vagabond) Totalitas drama korea emang tidak pernah diragukan. Mereka menyediakan dana fantastis yang dihadiahi oleh rating tinggi dari penonton. Ini menunjukan bahwa totalitas akan selalu berdampak baik. Masyarakat juga akan menilai baik jika memang totalitas tersebut diproses dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

6 + 17 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like