Kambing Hitam

Kambing Hitam : Selalu Dicari Namun Berdampak Buruk

By

Kambing apa yang paling laku di dunia? Kambing Hitam! Apakah itu? Menurut KBBI, kambing hitam adalah orang yang dalam suatu peristiwa sebenarnya tidak bersalah, tetapi dipersalahkan atau dijadikan tumpuan kesalahan.

Kambing Hitam biasanya digunakan sebagai kurban. Iya, kurban perasaan atas justifikasi kebenaran seseorang karena gak mau disalahkan. Ini berdampak kepada fitnah!

Dalam kasus layangan putus misalnya. Amar TV menjadi kambing atas apa yang diberitakan kisah tersebut. Padahal yang salah adalah rumah tangga sang produser (kabarnya). Impikasi lebih jauhnya kepada persona seseorang yang rusak disebut pelakor.

Netizen selalu semangat saat ada masalah rumah tangga seseorang dipublikasikan. Kemudian mencari siapa yang disebut pelakor. Padahal bisa jadi ceritanya beda kan?

Kasus lain misalnya dalam masalah politik Anggaran Belanja DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dianggap yang paling bertanggung jawab atas APBD fiktif. Padahal sebelum itu berkas sampai ke meja gubernur, akan melewati beberapa proses persetujuan.

Ini juga terjadi pada kasus radikalisme dan terorisme. Misalnya pada kasus salah satu Deportan dimana seseorang ingin pergi ke Suriah karena menganggap pemerintah diskriminatif. Padahal faktanya, ia tidak bisa naik jabatan karena terkendala umur dan syarat minimum pendidikan.

Kambing Hitam biasanya digunakan untuk menutupi kekurangan sebagai self defense. Biasanya ini juga terjadi karena ada one man show dimana ia terbiasa merasa benar namun tiba-tiba disalahkan. Akibatnya, ia akan mencari kambing hitam dibanding memilih instrospeksi diri.

Upaya mencari kambing hitam temasuk dalam proyeksi dimana melihat orang lain namun sebenarnya itu adalah dirinya. Ini upaya pertahanan diri. Namun akan sangat merugikan orang lain terlebih jika dilakukan terus menerus akan merugikan diri sendiri.

Sama seperti obat, saat kita membutuhkan obat dalam dosis yang tepat untuk sehat kembali, tetapi apa yang terjadi jika kamu mengkonsumsi obat terlalu banyak? Nah, saat terlalu sering melakukan proyeksi, maka akan muncul wujud ekstremnya yaitu gangguan kepribadian paranoid.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

7 − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like