Wapres ke-6 Try Sutrisno: Kelompok Teroris Makin Canggih Buktinya Pak Wiranto Kena

By

Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia Try Sutrisno mengatakan kelompok teroris di Indonesia makin canggih. Ini perlu jadi kewaspadaan bersama.

“Sekarang makin canggih, buktinya Pak Wiranto kena (peristiwa di Banten 10 Oktober 2019),” kata pria berusia 83 tahun itu pada kegiatan Pembekalan Materi Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Penceramah dan Pengajar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Jenderal Purnawirawan TNI itu menyebut rongrongan terhadap kelompok-kelompok yang tidak sepakat dengan Pancasila terus terjadi. “Ada ISIS, kelompok Al Qaedah, terus yang sudah dibubarkan itu, ada Darul Islam. Darul Islam itu yang paling lama, itu selesai muncul PKI (Partai Komunis Indonesia),” lanjutnya.

Meski para pelakunya sudah ditangkap, termasuk aparat keamanan juga terus berusaha membongkar jaringannya, menangkapi mereka, tapi memang aksi-aksi teror sampai hari ini terus terjadi.

Try Sutrisno menyebut, salah satu penyebabnya adalah seiring kemajuan zaman. Era digital, internet mudah diakses, media sosial banyak digunakan terutama generasi muda, akan sangat rawan jika tak punya pondasi kuat.

“Milenial ini gampang goyang, di era global ini. Kalau tidak punya pegangan hidup yang kuat nanti hanyut. Yang tidak punya pandangan hidup gampang goyang,” sambung Try Sutrisno yang berulang tahun tiap 15 November itu.

Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ke-7 itu menyebut, masyarakat tidak perlu takut dengan gerakan-gerakan seperti itu.

“Kita harus hati-hati bukan takut. Semua agama ajarkan hati-hati. Kalau orang Jawa bilang eling lan waspodo,” pesannya.

Dia mengemukakan masyarakat luas harus mau bekerja sama dengan pemerintah, dengan aparatur negara untuk salah satunya menyelesaikan persoalan teror ini.

“Jangan lewat sekolah saja (diajarkan Pancasila), tapi harus dimulai dari rumah tangga,” tutup Try Sutrisno.

 

FOTO RUANGOBROL.ID/EKA SETIAWAN

Wakil Presiden Republik Indonesia ke-6 Try Sutrisno (berbatik lengan panjang-berkacamata) ketika ditemui di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019) pada kegiatan pembekalan materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

three × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like