Kabinet Indonesia Maju

Kabinet Indonesia Maju Penuh Keberagaman

By

Hari ini, Indonesia resmi memiliki kabinet baru bernama Kabinet Indonesia Maju. Setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hari minggu lalu. Pengumuman kabinet kali ini nampak berbeda karena cukup ditunggu oleh rakyat Indonesia. Orang pada penasaran dengan periode kedua Presiden Jokowi. Namun setelah pengumuman pagi ini, ternyata kabinet ini penuh dengan keberagaman.

Keberagaman pertama adalah masalah usia. Nadiem Makariem, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia masih berusia 35 tahun. Tapi coba lirik Luhut Binsar Pandjaitan dan Fahrul Razi, Menteri Agama baru. Keduanya merupakan satu angkatan di Akademi Militer dan tahun ini mengingjak usia 72 tahun. KH Maruf Amin juga menginjak usia 76 tahun. Jadi, Mas Nadiem bisa jadi seumuran dengan anak Pak Luhut, Pak Fahrul dan Pak Maruf Amin.

Selajutnya, ada keberagaman suku di kabinet kali ini. Pak Fahrul berasal dari Indonesia paling barat, yaitu Aceh. Sedangkan Bahlil Lahadalia, Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) berasal dari Indonesia Timur alias Maluku dan besar di Fakfak dan Jayapura. Adapula I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri PPA perwakilan dari Bali, Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian dari Makassar, Jhony Plate sebagai Menkominfo dari NTT, Edi Prabowo sebagai Menteri Kelautan dari Sulawesi Selatan dan lain-lain. Jika sebelumnya sering disebut Jawa mendominasi, kali ini gak.

Keberagaman lain yang terjadi di kabinet ini adalah keberagaman latar belakang. Ada militer seperti Pak Luhut, Pak Fahtul, Pak Prabowo (Menteri Pertahanan) dan Pak Moeldoko (Staf Kepresidenan). Kepolisian menyumbangkan satu nama, Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri. Latar Belakang media dimiliki oleh Erick Thohir (Menteri BUMN) dan Wishnutama (Menparekraf). Halim Iskandar (MendesPDT) punya latar belakang pesantren sedangkan Pratikno merupakan mantan rektor UGM. Ada pula Pak Basuki Hadimuljono yang punya latar belakang seorang PNS Profesional.

Tentu yang paling beragam adalah pilihan politik. Kabinet Indonesia Maju merangkul oposisinya. Capres Prabowo kini jadi Menhan. Keren bukan? Mereka aja bisa bersatu, masa kita gak?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

eighteen − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like