Solo

Ini Rekomendasi One Day Trip di Solo Raya

By

Ke Solo cuma sehari? Gak usah bingung, kita punya rekomendasi tempat-tempat yang bisa kamu kunjungin untuk liburan singkat atau One Day Trip di Solo.

Awali Hari dari Boyolali

Ini memang butuh usaha, tapi kamu gak akan menyesal sampai di lokasi. Lokasinya di Patung Petruk, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Butuh waktu 1 jam 30 menit dari Stasiun Balapan atau 1  jam dari Bandara Adi Soemarmo. Pastikan kamu sudah tiba sebelum jam 5 pagi karena dari situ pemandangan indah dimulai. Kalau kamu mau lebih tinggi lagi, kamu bisa ke bukit Gancik, sekitar 1 km dari patung Pentruk. Pemandangan matahari terbit dari balik gunung Lawu dan kita membelakangi gunung Merbabu dan Merapi. Apik tenan!

Pemandangan Panorama dari Patung Petruk (Doc. ruangobrol/RN)

Lokasi : Jalan Magelang – Boyolali, Dusun II, Genting, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah.

Sarapan Pagi Bersama Bang Jack

Soto Bang Jack menjadi salah satu rekomendasi sarapan saat mengunjungi Solo. Ia buka dari jam 7.00 sampai jam 12 siang. Harganya terjangkau banget! Soto campur nasi hanya Rp 3.000 untuk mangkuk kecil dan Rp 5.000 untuk mangkuk besar. Super terjangkau!

Warung Soto Bang Jack, Jumat Gratis! (doc. ruangobrol/RN)

Lokasi : Gang Kurma VI, Dusun II, Manang, Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Menilik Sejarah di Keraton Solo

Keraton Solo menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan. Saat ini, masih ada lho kesultanan di Solo. Namun Solo menerapkan sistem berbeda dengan Yogya dimana di kota ini Raja bukanlah pemimpin daerah. Pemimpin keraton Solo saat ini adalah Sultan Pakubuwono XIII. Keraton berwarna biru-putih ini cukup instagramble lho! Oh ya, kamu kalau mau lebih tahu tentang Keraton Solo, bisa mengunjungi museum-nya. Kamu juga bisa menyewa becak seharga Rp 50.000 – 100.000 (tergantung waktu dan hasil nego) dan mendengar cerita lengkap dari bapak tukang becak.

Lokasi : Baluwati, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta.

Belajar Batik di Laweyan

Laweyan menjadi salah satu destinasi yang juga perlu kamu kunjungi. Ada beberapa lokasi yang menawarkan kamu untuk belajar membatik, atau hanya melihat proses pembuatan batik. Ini langka banget lho! Kamu bisa beli batik dengan harga lebih murah dibanding di pusat kota. Harga di Laweyan bisa setengah dari harga di butik pusat kota. Gak percaya? Datang aja!

Para Pembatik di Batik Putera Laweyan (doc. ruangobro/RN)

Lokasi : Batik Putera Laweyan, Sidoluhur No.6, Laweyan, Grogol, Sukoharjo.

Nyobain Bistik ala Solo

Dapoer Bistik Solo merupakan salah satu tempat kuliner yang perlu kamu kunjungi selama di Solo. Menu Bistik Iga Lada Hitam jadi salah satu yang direkomendasikan ketika datang kesini. Harganya? Jangan dibayangkan bakal mahal seperti steak, tapi justru sangat terjangkau. Semua harga di Solo terjangkau deh pokoknya.

Dapoer Bistik Solo (doc. ruangobrol/RN)

Lokasi : Jalan Kebangkitan Nasional No.62, Penumping, Laweyan, Surakarta

Istirahat di Roemahkoe Heritage Hotel

Ini salah satu tempat favorit tim ruangobrol.id kalau tiba di Solo. Homey sekali. Harganya pun sangat terjangkau. Setiap kamar difasilitasi AC, TV Kabel dan Air Hangat. Dipan dan Lemarinya semuanya kayu jati. Ada semacam tangga kecil ke area tidur dengan lantai kayu. Roemahkoe sudah ada sejak 1938 dimana pemiliknya dulu adalah pengusaha batik terkaya di Laweyan. Tak heran, setiap kamar ada hiasan cetakan batik.

Salah satu dinding menarik di Roemahkoe (doc. ruangobrol/RN)

Lokasi : Jalan Dr Rajiman No.501, Bumi, Laweyan, Kota Surakarta

 

Itu dia rekomendasi trip di Solo yang bisa kamu kunjungi! Kalau udah coba kabarin kita yaaa!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

2 + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like