Jomblo

Jomblo Syar’i Bermanfaat dan 5 Caranya

By

Jomblo, kata familiar di telinga Indonesia. Menurut KBBI daring, kata”jomblo” merupakan sebutan tidak baku dari kata “Jomlo”. Jomlo sendiri berarti gadis tua atau laki-laki dan perempuan yang tidak mempunyai pasangan. Penggunaan kata ini kemudian digunakan untuk yang tidak memiliki pasangan. Namun istilah jomblo kini populer lebih kepada ejekan terutama di media sosial bahkan status sosial, bahkan dianggap hina!

Sebenarnya, apa yang salah jadi Jomblo? Untuk menghibur kamu yang sendirian, ruangobrol.id punya lima cara untuk menjadi Jomblo syar’i dan bermanfaat.

  1. Selalu bertawakal (berserah diri pada Tuhan)

Menjadi jomblo itu terbebas dari kekangan dan tanggung jawab dari pasangan. Mereka mempunyai banyak waktu ekslusif untuk hal-hal positif sampai yang Unfaedah. Daripada melakukan hal sia-sia lebih baik menggunakan waktu-waktu untuk bertawakal kepada Yang Maha Kuasa. Bertawakallah agar kita bisa menguatkan diri dalam tindakan, pekerjaan dan aktifitas. Mari kita banyak bertawakal menghabiskan waktu kesendirian ini.

  1. Berbakti kepada orang tua

Orang-orang pacaran kebanyakan akan mencintai pasangan mereka secara berlebihan. Bahkan mereka rela melakukan pengorbanan tidak pantas dan menyusahkan orang-orang sekitarnya. Istilah Budak Cinta memang pantas untuk mereka. Masalahnya, si orang-orang ini masih bergantung terhadap orang tua secara finansial. Mereka kerap kali menyusahkan orang tua demi gengsi. Bahkan sayang orang tua tidak lebih besar daripada sayang pacar.  Padahal berbakti kepada kedua orang tua adalah suatu kewajiban. Maka dari itu, berbaktilah kepada orang tua!

  1. Individu Pemaaf

Selain tawakal, sifat pemaaf bagi jomblo adalah kewajiban. Tahan  hinaan karena status ini adalah salah satu upaya si pemaaf. Memaafkan sifat para penghina akan mendatangkan keuntungan untuk diri sendiri sesuai sifat Nabi Muhammad. Sifat pemaaf akan mendapatkan surga-Nya. Setelah memaafkan, doakan agar temanmu jadi jomblo juga, amiin.

  1. Individu Penyabar

Nafsu adalah salah satu godaan terbesar yang harus dihadapi oleh manusia. Nafsu dapat menguasi pikiran manusia dan membawa manusia kedalam kesengsaraan. Godaan nafsu dapat muncul dari manapun, bisa dari gebetan, mantan pacar (bila punya), dan konten pornografi. Maka dari itu, Jomblo akan senantiasa melatih dirinya untuk selalu sabar. Termasuk sabar saat gebetan punya pacar atau bahkan naksir teman. Sabar blo!

  1. Perbanyak berdoa

Doa bukan hanya sebagai ritual semata saja. Namun doa dapat menjadi sebuah kekuatan tersendiri bagi orang yang melakukannya. Doa ternyata dapat memberikan kepercayaan diri. Bagi Jomblo, berdoa akan menguntungkan. terutama bila dilakukan dimalam minggu untuk meminta turunnya hujan. Doamu juga tentu akan lebih lama ketika melihat gebetan sudah ada yang punya. Doamu akan lebih panjang di pertiga malam ketika ingat teman-temanmu sudah punya pasangan semua.

 

Lima cara di atas mungkin bisa dicoba dan tidak ada salahnya diterapkan dalam aktifitas hari-hari. Buat kamu yang masih sendiri, gak usah berkecil hati. Ingat, Tan malaka yang berjasa besar bagi negara ini saja sendiri sampai akhir hayatnya! Moh. Hatta jadi Jomblo sampai Indonesia merdeka. Kamu,  mau jomblo sampai kapan?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like