Mantan

Mantan Yang Tak Boleh Jatuh Cinta

By

Jatuh cinta memang gak akan ada habisnya. Mulai dari jatuh cinta pada pandangan pertama, jatuh cinta pada tipe idaman, jatuh cinta pada pacar orang dan jatuh cinta yang dosa sampai yang dapat pahala. Tapi ada larangan bagi sekelompok orang yang nampaknya gak bisa untuk jatuh cinta (lagi). Ya, para mantan.

Mantan ini bukan mantan sembarangan. Mantan disini bisa jadi mereka yang pernah terlibat di hal-hal yang tidak biasa, seperti terorisme, narapidana, kriminal atau terjerat kasus. Terlepas mereka bersalah atau tidak, jatuh cinta untuk para mantan ini nampak seperti persyaratan jadi PNS. Perlu terbebas dari itu semua, kalau perlu bikin SKCK.

Kenapa mereka gak bisa jatuh cinta? Padahal semua orang kan berhak untuk mencintai dan dicintai. Perasaan merasa dicintai sejatinya akan ada pada diri manusia sejak ia dilahirkan. Menurut Erik Erikson, semakin berkembangnya individu, ia akan semakin membutuhkan cinta yang lebih bukan hanya dari orang tua, tapi juga sekitarnya. Lalu kok ini ada yang gak bisa jatuh cinta?

Bukan hanya catatan kepolisian, tapi mereka yang pernah jadi bully-an netizen juga nyaris masuk ke daftar blacklist jatuh cinta. The power of jejak digital itu emang ngeri guys. Mereka yang pernah terjerumus ke dalam twitwar, jadi viral atau bahkan pernah disorot media masuk dalam blacklist. Meskipun mereka sudah bersih, taubat dan meninggalkan segala hal-hal tersebut, berita dan kisah mereka yang lama masih ada di dunia internet. Diungkit lagi dooonk! Betapa jahatnya netizen ini, Ya Tuhan.

Inget gak waktu Raffi Ahmad nikah sama Nagita? Heboh banget kan tuh. Semua orang nanya, “kok bisa Nagita mau ama Raffi, Raffi kan bekas pemake”. Raffi sudah selesai rehabilitasi satu tahun sebelumnya. Udah dinyatakan bersih pula sama BNN. Obat yang digunakan Raffi juga saat itu masih perdebatan apakah termasuk narkoba atau bukan. Jahatnya lagi, banyak orang menduga Nagita jatuh cinta pada harta Raffi. Apaan coba? Segitu gak bolehnya?

Di tulisan ini, saya gak bermaksud untuk membela diri. Dan memaksa kalian wajib menerima cinta atau rasa suka dari orang tersebut. Tapi, marilah kita sama-sama merangkul ‘mantan’ yang telah pergi jauh-jauh dari kehidupan lama mereka. Media sering menggiring opini terhadap orang-orang ini (kecuali ruangobrol ya), janganlah ikut-ikutan menggiring opini semakin benci dengan mereka.

Seseorang dicintai karena ia dicintai, tak ada alasan yang dibutuhkan untuk mencintai – Pablo Coelho

Memberi kesempatan kepada para mantan jatuh cinta tidaklah dosa. Dosa itu ketika kita mengungkit aib orang lain. Itu seperti makan daging saudara sendiri. Ah jadi ceramah kan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like