Kisah Bu RT yang Berjasa untuk Densus 88 Tangkap Teroris di Bekasi

By

“Gang ini ama gang itu jagain pak, enggak bakal jauh” Ujar Lela kepada anggota Detasemen Khusus Anti Teror (Densus 88), Minggu, 5 Mei 2019 lalu. Beberapa anggota kemudian mendengarkan istri dari ketua RT tersebut dan bergerak ke titik yang disebutkan namun tak ada pelaku disana.

Lela kemudian mengatakan kepada Anggota Densus 88 agar masuk ke gang buntu yang ditunjukan Lela mengarah ke Pemakaman Keluarga. Pelaku yang dicari pun ada disana membawa tas berisi Bom.

Densus 88 langsung meminta Lela menjauh. Tak lama kemudian, terdengar suara tembakan senjata api dan pelaku pun meledakkan diri. Densus 88 kemudian menyiramnya dengan air.

Penangkapan Teroris di Bekasi tak lepas dari peran seorang perempuan bernama lengkap Lela Helayati ini. Ia awalnya ingin pergi ke Pasar namun ia mendengar dari ibu lain ada orang yang bersembunyi dan nafasnya tersengal. Lela kemudian menghampiri Anggota Densus dan menyampaikan informasi tersebut.

Bu Lela sendiri tak memiliki keberanian sebesar anggota Densus. Ia pun takut mendekat. Tapi apa yang ia lakukan sungguh heroik dengan membagikan informasi tersebut. Sebagai Ibu Rumah Tangga yang sehari-hari berada disana, Bu Lela lebih paham tata letak kampungnya secara persis. Kadang menurut kita mengetahui tata letak di kampung awalnya biasa aja. Tapi ternyata itu kemudian sangat berguna dalam situasi penggerebekan seperti itu. Pengetahuan apapun itu akan sangat berguna selama digunakan secara tepat.

Bu Lela mengajarkan kita bahwa jika kita paham, mengetahui banyak tentang suatu hal. Tak perlu ragu untuk menyampaikannya terutama untuk kebaikan. Kita perlu keberanian untuk berbagi. Seperti halnya ruangobrol.id yang berslogan “Dare to Share”.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

six + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like