Jumbrek : Makanan Khas Lamongan yang Wajib Dicoba

By

Kulineran di Lamongan? Apa sih yang khas? Tentu kita pasti sudah tau Soto Lamongan atau Pecel Lele Lamongan. Tapi kali ini, ada Jumbrek.

Jumbrek adalah makanan Khas Paciran, Lamongan yang berbentuk terompet. Jumbrek nyaris hanya bisa ditemui di Kecamatan Paciran saja. Lokasinya tidak jauh dari Wisata Bahari Lamongan dan Goa Maharani.

Jumbrek ini makanan yang sudah lama ada, namun Bu Karmini secara tekun membuat Jumbrek yang khas sejak 1980an dan menjadi oleh-oleh khas Paciran. Sedangkan dulu, ini hanya disajikan sebagai suguhan untuk para tamu dan hari raya.

Keberadaan makanan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perkebunan buah lontar atau mereka sebut siwalan. Air lontar kemudian direbus dan menjadi bahan pemanis alami. Sedangkan daun lontar dibuat menjadi bungkusnya. Bahan untuk membuat Jumbrek yang lain adalah santan, tepung beras dan sedikit sagu.

Pembuatannya dimulai jam 1 dini hari sampai jam 4 subuh. Setelah Subuh, para pedagang akan membawa Jumbrek untuk didagangkan di beberapa lokasi seperti, Wisata Bahari Lamongan, Goa Maharani atau warung pinggir jalan.

Adapun warung yang dimiliki Bu Karmini ada di dekat Apotek Karangasem. Bukan hanya Jumbrek, warung sederhana ini juga menjual Es Siwalan, Gula Merah Siwalan dan rujak.

Penasaran? Jangan lupa cobain ini ketika ke Lamongan ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

%d bloggers like this: