Yuk, Ngobrol Bareng

By

Satu tahun telah berlalu sejak Ruangobrol.id mengudara. Selama itu pula media alternative ini hadir untuk memberikan nuansa lain dalam menyajikan informasi terkait radikalisme dan terorisme.

Melirik proses pembentukan media ini, semua berawal dari terkumpulnya 10 orang Ustadz, 10 orang Ustadzah, dan 10 orang mantan kombatan pada Maret 2018 lalu. 30 orang ini bersama-sama berbagi pemikiran dan belajar soal menyampaikan pesan yang effective pada publik. Membuat narasi alternative yang menjadi penyeimbang dari maraknya narasi kelompok ekstrem yang berseliweran di dunia maya.

Peran 30 orang ini sangat penting sebagai Credible Voice atau suara-suara terpercaya untuk memberikan perspektif lain dari narasi propaganda atau meluruskan salah kaprah soal radikalisme dan terorisme di masyarakat. Terlebih lagi, adanya mantan terpidana kasus terorisme yang dapat berbagi soal pengalamannya dapat menjadi pelajaran untuk masyarakat.

Tiga hari belajar bersama, 30 orang ini sepakat untuk memiliki platform bersama yang dapat menjadi tempat menuangkan ide mereka. Maka disepakatilah Ruangobrol.id. Sesuai dengan namanya, Ruangobrol adalah ruang bagi siapa saja untuk dapat berkunjung dan mengobrol soal isu-isu yang dibahas, terutama terkait radikalisme dan terorisme.

Ruangobrol.id bukan hanya media yang memberikan informasi saja, akan tetapi juga mengundang para pembacanya untuk ikut urun rembug pada isu tersebut. Suara dari masyarakat memiliki posisi yang penting dalam menanggapi isu ini.

Sebab, mencari solusi terhadap radikalisme dan terorisme, bukan hanya tugas negara saja, akan tetapi diperlukan peran masyarakat. Bahkan, masyarakat diharapkan memiliki ketahanan yang bisa menepis bibit ekstremisme di lingkungannya. Selain itu, berdiskusi secara terbuka tentang radikalisme dan terorisme diharapkan dapat mengurangi salah kaprah atau tuduhan-tuduhan pada kelompok tertentu.

Masyarakat dapat menggunakan fasilitas chat yang terdapat di sudut kanan bawah dari laman Ruangobrol.id untuk berbagi dengan kami. Informasi yang diberikan akan selalu dijaga kerahasiaannya, sehingga siapapun dapat secara nyaman mendiskusikan isu ini. Tidak hanya itu saja, masyarakat juga dapat bersama dengan kami menuliskan ide-idenya, untuk kemudian kami terbitkan.

Bersama-sama kita akan bisa mendapatkan solusi yang terbaik dari masalah radikalisme dan terorisme ini dan menciptakan ketahanan di masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

one × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like