Indonesia

MY PRISON MY COLLEGE : Sel Isolasi Lapas Kelas 2A Salemba Jakarta Pusat (3)

By

Di sel isolasi itu saya kemudian paling banyak mengobrol dengan Nando karena dia  yang paling sering mengajak ngobrol. Orangnya asyik kalau sudah mengobrol. Dialah yang mengajari saya tentang bagaimana kehidupan di lapas beserta istilah-istilah khusus yang lazim digunakan di penjara. Ia juga bercerita bagaimana awalnya dia menjadi seorang kriminal sampai pengalamannya selama menjadi kriminal. Satu hal yang saya pelajari dari dirinya adalah bahwa ternyata seorang kriminal bisa jujur ketika menceritakan kisah hidupnya.

Kisah bagaimana ia awal mula menjadi kriminal juga menarik bagi saya. Awalnya di kampungnya dia adalah seorang suami yang baik yang  bekerja normal sebagaimana kebanyakan orang. Pekerjaan terakhir sebelum jadi kriminal adalah teknisi sebuah bengkel motor dan punya sampingan sebagai penyuplai babi di pasar Tomohon (Nando adalah seorang Kristiani). Dia juga punya hobi main motocross. Suatu ketika ia mengalami kecelakaan ketika sedang ikut kejuaraan motocross yang menyebabkan kaki kanannya  patah dan lengan kirinya remuk. Pada saat itu istrinya sedang hamil 8 bulan anaknya yang kedua.

Berbulan-bulan ia tidak bisa bekerja karena kecelakaan itu yang menyebabkan ia punya banyak hutang untuk menutupi kebutuhan sehari-harinya dan biaya persalinan istrinya. Setelah sembuh ia sudah kehilangan pekerjaannya baik yang di bengkel maupun sebagai pemasok babi karena telah digantikan oleh orang lain. Di tengah kesulitan itu datanglah kawan lamanya yang memberikan bantuan untuk meringankan kesulitannya.

Bantuan itu sering ia terima sampai kemudian ia bertanya pada kawan lamanya itu tentang apa pekerjaannya kok bisa punya banyak uang. Ternyata pekerjaannya adalah sebagai bos penadah barang hasil curian atau perampokan. Singkat cerita Nando tertarik untuk mencoba melakukan pencurian dan karena sering berhasil dan mendapat hasil yang banyak, ia jadi ketagihan.

Ia  lari (merantau) ke Jakarta juga karena menghindari kejaran aparat setelah ia jadi DPO kasus perampokan di daerahnya. Di Jakarta ia bergabung dengan sindikat kejahatan yang sama. Tapi ternyata di Jakarta beda dengan di daerah. Baru beraksi beberapa kali sudah tertangkap. Dihukum 2 tahun. Bebas baru setahun masuk lagi dengan kasus yang sama tapi hukumannya jadi 3 tahun. Pada saat itu di Salemba ia sudah menjalani 2 tahun 4 bulan  dan akan segera bebas setelah dapat remisi Natal.

Yang menarik lagi ia masih berencana merampok sebuah rumah mewah bersama komplotannya setelah bebas nanti. Bahkan katanya saat itu komplotannya sudah menanam seorang pembantu rumah tangga di rumah tsb. Dalam hati saya berkata : Gila juga ini orang, sampai begitunya merencanakan sebuah kejahatan.

Tapi ada satu perkataannya yang menyiratkan bahwa ia tak ingin selamanya jadi penjahat. Ia berkata kepada saya :

“ Rif, doain rencana perampokan itu berhasil ya dan menjadi perampokan terakhir yang gue lakuin. Kalau berhasil gue akan berhenti dan pulang ke kampung halaman karena hasilnya diperkirakan mencapai angka milyaran. Kan lumayan tuh. Gue harap bisa buat buka bengkel”

Saya terdiam tidak mengiyakan. Karena kalau mengiyakan maka saya berhutang kalau tidak mendoakan, padahal doanya jelas untuk kesuksesan sebuah kejahatan. Tapi saya berkata padanya :

“ Semoga bisa dapat sumber penghasilan yang bagus tanpa harus melakukan tindakan kriminal”. Tidak saya sangka ia menyambut dengan sigap dan tegas setengah berteriak : “ Amin, semoga terkabul ya Tuhan”. Ah, ternyata kejahatan itu ia lakukan karena waktu itu ia hanya melihat satu-satunya peluang yang paling cepat menghasilkan uang adalah dengan mencuri/merampok. Namun karena berhasil jadi ketagihan.

Meskipun dia seorang Nasrani dan seorang kriminal, tapi ceritanya selama saya di sel isolasi itu cukup mencerahkan bagi saya. Saya jadi tahu bagaimana sisi lain seorang pelaku kriminal sepertinya yang nantinya cukup membantu saya dalam memahami kondisi kejiwaan para napi umum yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

%d bloggers like this: