Penglihatan Burung

By

Penglihatan adalah indera yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup. Termasuk dong, dengan burung. Sebab, penglihatan yang baik sangat menentukan burung terbang dengan aman.

Dan ternyata, burung memiliki keunggulan visual dari kelompok vertebrata lainnya. Wah, jadi belajar biologi nih kita!

FYI nih teman-teman, penglihatan burung itu gak seperti penglihatan kita. Penglihatan mereka terdapat empat jenis reseptor warna.

Inilah yang membuat kemampuan mata burung untuk menangkap bukan hanya kisaran cahaya tampak, tetapi juga rentang sinar ultra ungu dari spektrum cahaya serta adaptasi lain yag memungkinkan burung untuk mendeteksi cahaya terpolarisasi atau medan magnet. Waduuuh berat banget nih!

Bagi yang pernah berkutat di dunia biologi, insya Allah pernah belajar ini yah..

Ketajaman penglihatan burung-burung sangat membantu manusia. Seperti burung elang atau burung hantu yang memangsa tikus dan ular. Mereka dapat membantu pak tani dari hama-hama yang menyerang sawah.

Tapi, kalau berdasarkan survei ke lapangan di media sosial, penglihatan manusia bisa melebihi penglihatan burung lho!

Nyadar gak sih? Atau jangan-jangan pada begitu. Tajamnya penglihatan manusia ini, bisa kita sebut dengan “salah fokus”.

Memperhatikan foto para artis atau publik figur hanya fokus pada sosok sang artis dan penampilannya.

Bagi yang ingin mendapatkan info atau pesan yang disampaikan tampaknya tidak akan mengerti hal tersebut.

Sampai, memeriksa kolom komentarlah membuat kita untuk melihat kembali foto sang artis atau publik figur tersebut.

Sebenanya tidak hanya menimpa pada artis, namun pada diri kita. Ntah pakai jurus sasuke apa, para netizen salah fokus ini. “salfok..cincinnya”, “salfok perutnya”. “salfok..””salfok..”

Ya, sebenarnya sih emang gak dosa. Tapi, Tidaklah banyak yang memperhatikan apa yang disampaikan oleh si publik figur.

Ternyata, ada beberapa yang risih dan heran dengan fenomena ini. Bagaimana tidak heran,yang diperbincangkan di kolom komentar jadinya bukan topik pembicaraan, eh malah hal-hal yang salah fokus tadi.

Piye toh? Ternyata, bisa dosa juga kalau yang malah salah fokus sampai ke fisik-fisiknya dan cenderung menghina fisik seseorang. Burung elang aja, sampe kalah ya.

Nampaknya lebih baik jadi agen mata-mata saja atau pengamat kamera CCTV.

Karena, memiliki penglihatan yang tajam seperti itu sangat dibutuhkan. Memata-matai atau meperhatikan gerak-gerik orang-orang yang nampaknya mencurigakan lewat kamera CCTV.

Semoga, mata yang sudah Tuhan anugerahkan bisa kita gunakan sebagaimana mestinya. Selalu menjaga pandangan dan tidak mencari-cari kekurangan orang lain…amiin

alhamdulillahirobbilalamiin

Sumber gambar : https://goo.gl/images/6pXojB

Leave a Comment

Your email address will not be published.

eight − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like