Upacara Peringatan HUT RI ke-73 di Tengah Sungai

By

 

Warga Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Jumat (17/8/2018). Upacara ini menjadi unik karena digelar di pulau buatan yang terletak di tengah Sungai Banjir Kanal Barat, sekitaran pintu air Pleret.

Selain itu, peserta upacaranya juga unik. Terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Sebut saja; para siswa sekolah, perangkat kelurahan, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana, Pertahanan Sipil (Hansip) ibu-ibu Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Semuanya tumplek blek jadi satu di sana. Khidmat mengikuti prosesi demi prosesi upacara.

“Kemerdekaan ini mempersatukan bangsa, jadi kami mengumpulkan berbagai elemen masyarakat untuk jadi satu upacara. Digelarnya upacara ini salah satunya adalah simbol mempersatukan,” kata Lurah Barusari, Widayanta, selepas upacara digelar.

Selain itu, Widayanta yang pagi itu menjadi inspektur upacara, juga mengungkapkan digelarnya upacara di tengah sungai itu sebagai ajakan semangat untuk mencintai lingkungan, khususnya wilayah sungai.

“Ajakan kepada semua warga untuk menjaga kebersihan sungai dan sekitarnya, dengan tidak membuang sampah sembarangan,” lanjutnya.

Menjadikan sungai bersih akan sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Salah satunya, ketika bersih maka lingkungan sehat pasti akan terwujud. Selain itu, ketika bersih dan terawat bukan tidak mungkin sungai itu jadi opsi wisata yang patut diperhitungkan di Kota Semarang.

“Ke depannya supaya ada event nasional juga di sini. Makanya harus dibenahi. Insya Allah setiap tahun dan event-event besar lainnya, tempat ini akan digunakan,” ungkap Widayanta.

Untuk menggelar upacara di tengah sungai itu tidak mudah. Warga alias panitia, harus membangun jembatan darurat dari bambu dan kayu. Sebab, akses menuju daratan yang digunakan untuk lokasi upacara di tengah sungai memang susah. Warga bersama perangkat terkait juga sebelumnya menggelar kerja bakti untuk bersih-bersih kawasan sungai tersebut.

 

FOTO EKA SETIAWAN

Warga Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di tengah Sungai Banjir Kanal Barat, Kota Semarang, Jumat (17/8/2018).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like