WARUNG SOTO BANG JACK: Gratiskan Soto Tiap Jumat

By

Bagi Jack Harun,40, selalu ada cara untuk berbagi rezeki. Pria bernama asli Joko Tri Harmanto itu menggratiskan soto di warungnya tiap hari Jumat.

Sesuai sapaan akrabnya, warung soto itu bernama Soto Bang Jack berlokasi di Gang Kurma 6 Tangkil Baru Manang, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Di warung soto itu setiap hari Jumat, pengunjung digratiskan mulai dari menu utama soto, minum maupun tambahannya seperti gorengan. Per hari ini Jumat (3/8/2018), Jack Harun memulainya.

“Mulai Jumat ini gratis. Niatnya sebulan sekali bisa gratiskan, tiap hari Jumat. Mengambil faedah hari Jumat, Jumat Barokah, Insya Allah sukses dunia akhirat,” kata Jack saat dihubungi via telepon seluler dari Semarang, Jumat (3/8/2018).

Dia juga sebelumnya sudah memasang spanduk besar di depan warungnya. Tulisannya; Jumat Barokah Makan Soto Gratis.

“Solo sudah lama adem, biar agak panas-panas sedikit hehehe,” lanjutnya.

Apa yang dilakukannya tak mudah. Menyandang status sebagai eks narapidana terorisme (napiter), persoalan adaptasi dengan lingkungan untuk kembali hidup bermasyarakat, termasuk statusnya juga sebagai kepala rumah tangga dengan anak dan istri, menjadi persoalan tersendiri.

Dia sempat tergelincir ke dunia terorisme, ditangkap Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri pada tahun 2004 silam. Dia sempat menyembunyikan gembong teroris Noordin M Top, hingga akhirnya ditahan di Lapas Cipinang.

Bebas pada tahun 2008, Bang Jack tentunya harus mulai adaptasi kembali ke masyarakat. Tekad kuatnya, tak lagi terlibat aksi terorisme.

Perlahan, Jack Harun, memulai hidup barunya. Berusaha untuk kembali survive, terutama perbaikan ekonomi keluarga. Dia sempat memulai beberapa usaha, terutama seputaran kuliner, tapi masih ikut orang lain.

Hingga pada tahun 2017, mulai sebulan sebelum Ramadan, dibukalah warung soto itu. Menu utamanya soto bening. Untuk bumbunya, dia racik sendiri dikolaborasikan dengan masukan dari kawan maupun pelanggan.

“Jadi untuk soto sudah mulai setahun lebih. Buka bakda Subuh sampai habis. Rata-rata jam 10 pagi sudah habis,” tambah Jack Harun.

Dia mengatakan, konsentrasinya saat ini untuk ekonomi. Membahagiakan anak, istri dan orang tua.

“Saya punya beban moral di situ, karena pernah saya tinggal lama,” sambungnya.

Untuk soto gratisnya, Jack Harun punya tekad kuat untuk konsisten, juga tentunya menyesuaikan kemampuan finansial.

“Kalau ada donatur ya bisa (lebih dari sebulan sekali soto gratis), kalau saya sesuai kemampuan Insya Allah sebulan sekali soto gratis,” tutupnya.

 

 

FOTO -FOTO DOKUMENTASI JACK HARUN

Warung Soto Bang Jack di Gang Kurma nomor 6, Tangkil Baru Manang, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

five × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like