Apalah Arti Sebuah Nama

By

Pak Kentut yang tiga hari lalu mendapatkan penerimaan atas mengajukan penggantian nama ke Pengadilan. Anaknya malu katanya kalau nama bapaknya gak diubah. Lagi dari zaman kapan, memang bocah sering banget meledek dengan nama bapaknya. Apalagi kalau namanya gampang diplesetin. Budaya darimana ini?

Disisi lain, Sejak Media Sosial membumi di Indonesia, ini makin parah. Bukan lagi ledek-ledekan nama bapak, tapi belum juga diledek, anak yang tak lagi bersyukur atas nama yang diberikan oleh orang tuanya. Misalnya namanya Surinceu, punya akun facebook bernama ‘Ryn Kekasih Bayangan’.

Nama-nama aneh ini semakin merebak ketika akun anonim semakin berkembang. Mereka biasanya ini memakai akun anonim dilakukan untuk menghujat orang tapi gak punya nyali. Misalnya Dramakuin, akun yang sudah di report ini adalah akun untuk menghujat penyanyi dangdut Ayu Ting Ting dan keluarganya. Selain untuk menghujat, akun anonim juga digunakan untuk membuka aib orang lain tanpa dihujat. Misalnya adalah akun yang paling heboh di Instagram, Lambe Turah. Mana ada di KTP namanya Lambe Turah? Adapun tujuan lain pembuatan akun anonim adalah sebagai akun stalking atau mencari tahu tentang orang tanpa diketahui orang lain. Misalnya nyari tahu tentang mantan tapi gengsi. Terakhir, biasanya tujuan akun anonim adalah untuk propaganda dan hate speech (penyebaran kebencian). Apalagi mau pilkada dan pilpres pasti banyak nih.

Ciri-ciri akun anonim biasanya adalah namanya yang aneh. Selain itu fotonya juga kebawa aneh. Misalnya namanya “Pasir Pantai Bali”, fotonya gambar Burung Elang. Ciri lain yaitu ada jomplang antara followers dan following . Ini berlaku baik di Instagram maupun twitter. Followingnya 1.382 namun followersnya 1, itu dipastikan akun anonim. Jika di facebook biasanya adalah pertemanan yang dia jalin orang dari berbagai negara, namun ia menggunakan bahasa Indonesia. Biasanya itu merupakan akun anonim.

Biasanya pemilik akun anonim bukan tidak bersyukur, tapi lebih pada gak mau disalahin jika terjadi sesuatu. Padahal pemilik akunnya tentu punya nama. Anonim hanya dapat diungkap dengan software yang canggih. Penelitiannya pun bisa menghabiskan banyak waktu untuk mengungkap satu akun saja. Kalau tidak tepat, maka akan terjadi fitnah.

Dalam Firman Allah :

“Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabannya.”(QS.17.36).

Nah lho, bakal diminta pertanggungjawabannya. Termasuk saat tidak bersyukur dengan apa yang diberikan oleh orang tuanya. Padahal nama itu diberikan untuk identitas seseorang. Kalau namanya anonim artinya identitasnya juga tidak dapat teridentifikasi. Ini yang disebut tidak bertanggung jawab.

Gitu sodara-sodara.

sumber gambar : https://www.liputan6.com/news/read/3160798/2-konsep-baru-e-ktp-terkait-kolom-penghayat-kepercayaan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

twenty + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like